Balada Wayang di Perantauan

Bismillahirahmannirrahim

Pernah nggak sih merhatiin Bapak2 yang jualan wayang kulit, gasing, suling bambu, atau bahkan angklung yang biasa menjajakan dagangannya sambil jalan atau mangkal di pinggir jalan raya? Saya biasa liat Bapak2 ini sehabis pulang kerja. Siang2, diteriknya matahari Banjarmasin.

Kamu pasti pernah kan ketemu Bapak2 ini? Apa coba yang kamu pikirin? Kadang2 kasian kan, panas2 ujan2 dia ngegotong dagangannya. Pengen beli, lah kalo udah beli, bakal diapain? Mau dikasihin juga ke siapa? Akhirnya cuma bisa ngedoain supaya dagangan Bapak2 itu laku dan bisa pulang kampung bawa duit buat nafkahin keluarganya.

>_<。

one day, pas di depan SMK4, ban motor saya bocor. Luckily, gag jauh ada tambal ban pinggir jalan. Alhamdulillah di Banjarmasin itu hampir tiap 5 meter ada yang jual bensin dan hampir tiap 10 meter ada tukang tambal ban pinggir jalan.

Saya nunggu di halte dekat tempat tambal ban. Di halte itu sudah ada bapak2 umurnya kira2 40-50an nunggu angkot. Bawaan bapak itu langsung menarik perhatian saya. Ternyata dia bawa tali, saya kelilit. Hegege. Garing ci *tabok*. Saya merhatiin Bapak ini bawa tas hitam guedeee seguede-guedenyuah gaban. Saya kalo dilipat2, bakal muat tuh masuk situ. Ditambah Bozkie juga masih muat, trus kita dikecapin kasih gula garam dikit *loh?.

Si bapak noleh ke saya, senyum. Saya ngangguk. Si bapak nunduk dan buka tas raksasanya. Saya melipir, takut dilipet beneran, trus dikirim ke sirkus. Hugugu

Tapi lalu si bapak ngeluarin seonggok wayang. Saya tau itu tokoh Petruk dari idungnya. Saya diam2 ngelirik isi tasnya dan gag ngeliat apapun selain tumpukan rapi wayang. Si bapak nyodorin Petruk ke saya.

”Mau nyoba mbak’e?”, katanya dengan logat jawa. Saya menolak dengan sopan karna takut rusak, tar idungnya Petruk patah, hayo gimana?

”Saya liat aja deh, Pak”

Lalu si bapak mulai nawar2in wayangnya. Lagi2 saya terpaksa nolak. Bingung mau ditaroh dimana, mainnya gimana, lah bukan dalang.. Lagian saya serem sama yang bertopeng2. Hugugu

Si bapak cerita kalo dia dari Jogja merantau ke Banjarmasin berempat mulai 3 bulan yang lalu. Temennya yang dua udah kerja di rumah makan, sisa si bapak sama satu temennya jualan wayang. Udah 3 bulan, baru 2 wayang yang laku. Dan itu dijajain dari pagi sampe malam keliling2 Banjarmasin. Whooaa..

Saya mikir, emang ada gitu yang beli? Secara gini loh, bukannya saya underestimet loh yaa.. maap Pak yah, maap mas Petruk maap mas Gareng.. *takut disulap jadi wayang*

Tapi tapi tapi yang dijual itu loh, kayaknya nggak sesuai sama lidah orang Banjarmasin. Kesannya kalo saya liat, Bapak2 ini MERAH banget, BERANI banget. Gini yah, Bapak2 yang jualan wayang kulit ini kan. Kecuali orang jawa asli, mungkin sedikit sekali orang banjar yang suka wayang. Sama kayak Bapak2 yang jualan angklung, suling, gasing. Seakan2 mereka menantang dirinya sendiri. menantang dunia. Melawan arus. Ngomong melawan arus jadi ingat ikan salmon yang memanjat air terjun *NGC*.

Source : Google

Source : Google

Iya lho, mereka ini melawan arus. At least arus kota yang notabene asing sama dagangan mereka. Apa Bapak2 yang jualan wayang tau kalo di Banjarmasin sedikit yang suka wayang? Tau. Tapi dia tetep jualan. Apa Bapak2 yang jualan gasing tau kalo di Banjarmasin sedikit anak2 yang bisa main gasing? Tau. Tapi dia tetep jualan. Apa Bapak2 yang jualan angklung tau kalo di Banjarmasin sedikit yang bisa main angklung? Tau. Tapi dia tetep jualan.

Makanya itu saya SALUT. Salut melihat mereka tetep punya semangat mengetuk pintu rezeki Allah dengan cara yang halal. Nggak meminta2, nggak nyari kerjaan yang nyerempet2.

Saya juga MALU. Malu lah sama diri ini yang kadang masih suka ngeluh padahal udah dikasih Allah banyak kemudahan dan kenyamanan. Padahal sesusah-susahnya, saya masih kerja di kota kelahiran. Saya masih bisa pulang ke rumah dan ketemu keluarga. Masih bisa ketemu temen2 saya kapanpun saya mau. Jadi ingat temen2 yang lagi di perantauan buat menuntut ilmu, buat kerja. Sering mereka bilang, ‘Senyaman-nyamannya di kota orang Ci, lebih enak kota sendiri lah’.

Semangat yah, toh kalian kesana juga bukan buat main2. Masdep.. masdep..

If I Could Fall Into The Sky
Do You Think Time
Would Pass Me By
‘Cause You Know I’d Walk
A Thousand Miles
If I Could Just See You
  Tonight

(VANESSA CARLTON-A Thousand Miles)

Leave a comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s