EARTH HOUR 2012 “INI AKSIKU! MANA AKSIMU?”

Barusan gak sengaja liat di bagian belakang sepeda motor orang ditempelin stiker EARTH HOUR. Awalnya gak ngeh banget tapi lama kelamaan karna diliatin terus jadi penasaran juga. Rasanya familiar dan pernah denger tapi lupa. Hehe. Pulang rumah langsung searching.Trus ketemu banyak artikel yang ngebahas EARTH HOUR. Eh bener, ternyata EARTH HOUR udah digadang-gadangkan sejak bertahun2 lalu lho. Di Indonesia sendiri EARTH HOUR sudah diadakan sejak 4 tahun lalu di berbagai kota2 besar seluruh Indonesia. Nah, buat kamu yang juga mau tahu apa itu EARTH HOUR atau yang udah tahu tapi lupa kayak saya *hehe, nih silakan langsung ke tekapenya aja ya di sini –> EARTH HOUR

EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.  

Untuk Indonesia sendiri, dikampanyekan untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai pada Sabtu, 31 Maret 2012, pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Kami mengharapkan jutaan orang di seluruh dunia mematikan lampunya selama 1 jam sebagai pernyataan global. Tunjukkan bahwa kamu peduli perubahan iklim. Tindakan kecil dapat membuat perubahan besar.

“INI AKSIKU! MANA AKSIMU?”

-EARTH HOUR-

 

Untuk waktunya sendiri, kenapa dipilih hari Sabtu dan pukul 20.30-21.30, karna pada hari itu dan jam segitu adalah bukan hari kerja dan waktu orang untuk bersantai bersama keluarga. Dan kenapa selalu diadakan akhir Maret dipilih sebagai waktu penyelenggaraan Earth Hour karena saat itu, mayoritas negara di seluruh belahan dunia sedang mengalami pergantian musim sehingga suhunya pun cukup nyaman bagi penduduk bumi jika pendingin maupun pemanas ruangan dimatikan saat Earth Hour.

Selain itu, di akhir Maret, rata-rata semua belahan dunia sudah cukup gelap sekitar jam 20.30 – 21.30 sehingga efek Earth Hour akan sangat terasa. Lain halnya jika dilakukan di pertengahan tahun dimana negara-negara tertentu masih terang hingga jam delapan malam.

(source: Kaskus.us)

Saya sendiri, sebenarnya termasuk yang tidak suka kegelapan kecuali waktunya buat tidur. Pernah saya nyalain lampu teras jam setengah 6 sore atau menyalakan lampu kamar di siang hari karna di luar hujan. Dan langsung kena protes Ibu, huhu. Yah Ibu saya emang sudah membiasakan kita buat hemat listrik, air, dll. Kalo Ibu gak hemat gini kamu gak bakal bisa sekolah tauk, katanya. Hihi Ibu lebay deh, *kisskiss*. Waktu saya cerita soal rencana ber-EARTH HOUR besok, Ibu bilang gini, “iya kalo Ibu kan udah tiap hari ber-EARTH HOUR. Kalian tuh yang suka lupa matiin lampu”, duile Ibu udah kayak polisi hemat energi aja.

Saya emang masih susah menerapkan pola yang kayak gitu. Saya nggak bisa melihat dengan jelas kalo cahayanya kurang ditambah dengan mata yang minus, jadilah kalau saya masuk ruangan yang dicari pertama pasti saklar. Sungguh tidak berbakat jadi perampok.

But eniwei, ‘susah’ bukan berarti nggak bisa khan? ^o^ Saya udah nawaitu pengen matiin sekering buat besok malam. Walo kayaknya bakalan heboh dari orang rumah terutama sodara saya yang sangat komputer freak 24 jam. Hyeuh.

At least saya bisa mulai dari kamar sendiri lah. Dengan mematikan semua hubungan sama listrik selama 1 jam yang mungkin akan berlanjut sampai 8 jam berikutnya. Well, nggak ada salahnya kan yah, saving earth plus saving energy of my body. Wekekek, alesan, bilang aja pengen molor ci.

Okelah. Selamat menyelamatkan Bumi, Earth Rangers! Selamat memulai hal yang hueeebat dengan hal kecil. Nggak perlulah pake Dragon ball. Kamu aja deh ya, kamu bisa, kita bisa.

Ini Aksiku, Mana Aksimu? ^o^~~*offLight

Leave a comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s